Air Terjun Benang Kelambu merupakan dari salah satu wisata alam yang terbilang sangat menarik dan ramai dikunjungi. Memang banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi di Lombok, seperti wisata air terjun. Keindahan wisata alam air terjun benang kelambu Lombok memang tidak di ragukan lagi, pesonannya yang memukau dan asri menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini. Bagi anda para pecinta wisata yang berbau air terjun, anda tidak perlu sulit sulit mencari dimana letak daerah wisata yang kaya akan keindahan dan banyak memiliki air terjun yang super funtastik. Pulau lombok juga terdapat banyak sekali daerah wisata air terjun yang memukau dan sangat cantik akan keindahan alam di sekitar air terjun tersebut yang terbilang sangat natural atau asri.

Keindahan Alam Air Terjun Benang Kelambu Lombok

Wisata Lombok

Wisata Air Terjun Benang kelambu

Saat anda tiba di lokasi objek wisata Air Terjun ini, anda dapat melihat keindahan dari bawah air terjun tersebut, dan juga anda dapat melihat pemandangan alam yang benar-benar sangat menakjubkan. Air Terjun Benang Kelambu ini airnya bersumber langsung dari Gunung Rinjani yang di gunung tersebut terdapat sebuah danau yaitu danau segara anak, yang dimana air yang berada di danau tersebut mengalir langsung ke air terjun benang kelambu. Anda dapat melihat dari namanya saja bahwa air terjun benang kelambu ini memang sangat lain dari pada air terjun yang lainnya. Air Terjun Benang Kelambu ini memiliki aliran air yang langsung jatuh dari ketinggian tebing namun tidak langsung jatuh ke bawah melainkan mengalir melalui celah-celah tanaman yang merambat dan tumbuh lebat di bagian atas tebing, lalu kemudian airnya jatuh seperti tirai yang menggantung di udara dan berjajar bagaikan kelambu dan membentuk pemandangan yang sangat begitu mempesona, hal itulah yang menyebabkan air terjun ini diberi nama Air Terjun Benang Kelambu.

air terjun benang kelambu lombokAir Terjun Benang Kelambu ini berlokasi di daerah Kabupaten Lombok Tengah bagian utara atau tepatnya di Dusun Pemotoh Desa Aik Berik Kecamatan Batukliang Utara. dan untuk dapat sampai di air terjun ini anda akan menempuh rute perjaan dari kota Mataram menuju Lombok Barat,yang berjarak sekitar kurang lebih 45 Km dari kota mataram. Jalan atau akses menuju lokasi Air Terjun Benang Kelambu ini sekarang sudah beraspal mulus dan juga sudah tidak rusak seperti dahulu, karena pemerintah kabupaten setempat sudah semakin memajukan daerah wisata yang berada di kabupaten tersebut. Selama perjalanan anda menuju lokasi wisata alam Air Terjun Benang Kelambu ini, anda akan melalui jalan jalan pedesaan yang lumayan berliku liku dan juga naik turun dengan hamparan sawah-sawah yang ada di sepanjang jalan. Sungguh perjalanan yang seru dan mengasikkan, dan membuat perjalanan yang panjang tersebut tidak terlalu terasa. Air Terjun Benang Kelambu ini juga memiliki tetangga yaitu Air Terjun Benang Stokel.

Air Terjun Benang Stokel Lombok

Air terjun benang kelambu lombok

Air terjun benang kelambu lombok

Para penduduk setempat mengartikan nama Benang Stokel dalam bahasa sasak setempat berarti segumpal benang.  Nama ini juga diberikan karena bentuk air terjun ini menyerupai benang yang diikat secara menyatu. Air Terjun Benang Stokel ini memiliki 2 buah air terjun yang kira kira berketinggian kurang lebih sekitar 30 meteran.  Air terjun yang berada disebelah kanan memiliki curahan air yang lebih rendah dan kecil dibandingkan dengan sebelah kiri yang curahan airnya lebih keras dan banyak. Sementara itu di bawah air terjun tersebut terdapat kolam kolam kecil yang dimana tempat itu di jadikan sebagai tempat penampungan curahan air yang jatuh dari atas.  Dan kolam ini dapat digunakan oleh para pengunjung dan warga setempat sebagai tempat berenang dan mandi. Air terjun ini Berjarak sekitar 45 km dari Kota Mataram ke arah timur dengan waktu tempuh sekitar 60 menit, menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan baik roda empat ataupun roda dua. Karena letaknya yang berdekatan dengan air terjun benang kelambu ini menyebabkan kedua air terjun ini menjadi andalan dari kabupaten Lombok tengah.

Save