Tempat Wisata di Lombok memang banyak yang menyuguhkan keindahan alam yang sangat menawan, dan tentunya wajib bagi Anda yang mempunyai jiwa petualang untuk mengunjungi wisata Lombok ini. Sebelum Anda wisata ke Lombok, Anda harus tahu 100 tempat wisata Lombok yang menyuguhkan pesona alam luar biasa ini, agar Anda bisa langsung mengunjungi tempat wisata di Lombok yang Anda inginkan.

30 Tempat Wisata di Lombok Barat Yang Mempesona

30 Tempat wisata di Lombok ini memiliki keunikan dan keindahan masing-masing di objek wisatanya, sehingga Anda bisa menikmati keindahan alam yang berbeda di setiap objek wisata disini.

  • Pantai senggigi
Pantai Senggigi tempat wisata di lombok yang mempesona

Pantai Senggigi

Pantai senggigi Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok, yang memiliki garis pantai yang panjang dan indah. Pantai ini juga memiliki akomodasi dan fasilitas yang sangat lengkap, sehingga pantai ini banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

  • Pantai Nambung

Pantai Nambung berada di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Untuk sampai di wisata ini Anda hanya perlu waktu sekitar 2 jam perjalanan dari kota Mataram. Uniknya pantai ini adalah adanya panorama air terjun yang menghiasi pantai, air terjun diisni berasal dari deburan ombak yang kencang lalu menerjang batuan besar disini Sehingga terbentuk sebuah air terjun asin yang mempesona.

  • Pantai Mekaki

Di perjalanan menuju pantai ini Anda disuguhkan dengan pemandangan sawah dan perbukitan hijau yang indah mempesona. Anda pun bisa menyaksikan keindahan panorama gili Lombok yang Ada di Lombok Barat ini, seperti Gili Gede, Gili Nanggu, dan lainnya. Pantai Mekaki ini memiliki pasir pantai yang putih lembut dan juga bersih. Pesona pantai yang membentuk lengkungan layaknya bulan sabit, serta perairan hijau toska yang sangat memikat, membuat Anda semakin cinta dengan wisata Lombok.

  • Pantai Bangko-Bangko

Pantai ini terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, NTB. Wisata ini bisa Anda tembuh dari Kota Mataram sekitar 70 Kilometer, dan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.Anda bisa merasakan suasana yang asri dan juga menyuguhkan pesona alam yang indah dan menawan. Pantai ini juga menawarkan beragam aktifitas air yang bisa Anda coba, seperti surfing atau berselancar.

  • Pantai Kerandangan

Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga, dengan suasana pantai yang sejuk dan keindahan alam yang sangat indah dan asri. Suasana disini tidak terlalu ramai, sehingga Anda bisa lebih menikmati keindahannya dengan tenang dan damai.

  • Pantai Batu Layar

Pantai ini Anda temui sebelum pantai senggigi, pantai yang menyuguguhkan keindahan alam yang eksotis dan alami ini, mampu membuat Anda merasa tenang. Ditemani dengan deburan ombak dan angin segar yang menemani wisata Anda disini.

  • Pantai Sekotong

Pantai ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang sangat indah, disini Anda bisa mendaki bukit kecil di dekat pantai. Untuk menyaksikan keindahan alam Lombok dari atas ketinggian.

  • Pantai Mangsit

Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan, wisata pantai ini wajib Anda kunjungi. Dengan hamparan pasir pantai yang membentang luas, serta hembusan angin laut yang sejuk membuat Anda tenang dan merasakan kedamaian disini.

  • Pantai Cemara

Pantai ini terletak di dusun Cemara, Desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Disini Anda bisa melihat pemandnagan laut lepas selat Lombok, serta perahu-perahu nelayan yang sedang mencari ikan.

  • Taman Narmada
Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Taman ini terkenal sebagai miniatur Gunung Rinjani. Selain itu taman ini juga terkenal dengan adanya mata air Awet Muda, yang di percaya bisa membuat siapapun yang meminum atau membasuh mukanya bisa terlihat lebih muda atau awet muda.

  • Taman Mayura
wisata taman mayura di pulau lombok

wisata taman mayura

Di taman ini Anda bisa merasakan suasana yang asri dan bersejarah. Di taman ini terdapat 2 bagian area, yaitu bagian area pura dan taman. Di bagian area taman Anda bisa melihat taman yang rapi dan sejuk, Anda bisa merasakan kedamaian yang alami diisni. Di bagian area pura Anda dapat melihat 4 pura utama agama Hindu.

  • Taman Suranadi

Di taman ini Anda bisa merasakan suasana hijau yang menyejukan mata. Taman ini berada di Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Disini Anda bisa mencicipi salah satu kuliner Lombok yaitu Sate Bulayak. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok.

  • Kota Ampenan

Kota Ampenan bangunan tua kuno yang dahulunya menjadi pelabuhan pertama di Lombok. Disini Anda bisa melihat bangunan tua kuno yang bersejarah, karena bangunan di kota ampenan ini menjadi peninggalanan belanda.

  • Desa Banyumulek
wisata desa banyumulek lombok

wisata desa banyumulek lombok

Desa Banyumulek merupakan salah satu desa pengrajin gerabah di Pulau Lombok. Di desa ini Anda bisa menyaksikan para pengrajin membuat gerabah, Anda pun bisa mencoba membuat kerajinan ini yang diajarkan langsung oleh pengrajin di desa banyumulek Lombok ini.

  • Hutan Sesaot

Hutan Sesaot berada di Desa Sesaot dengan mayoritas masyarakat Suku Sasak. Hutan ini menawarkan keindahan alam yang mempesona, dengan suasana dan udara yang segar.

  • Air Terjun Segenter

Air terjun ini menawarkan pesona alam yang alami dan asri. Tinggi air terjun ini sekitar 20 meter, dengan air terjun yang deras. Di bawah air terjunnay terdapat kolam, kolam ini cukup luas dan bersih sehingga bisa Anda gunakan untuk berenang sembari menikmati sensasi segarnya air terjun seger Lombok ini.

  • Air Terjun Timponan

Air Terjun Timponan ini memiliki tinggi sekitar 30 meter lebih, disini Anda bisa melihat airnya yang cukup jernih dan merasakan segarnya air terjun yang ada di Lombok Barat ini.

  • Bukit Malimbu
serunya wisata bapak Indra dan Group di bukit malimbu bersama lombok tour plus

Wisata Bukit Malimbu

Di wisata bukit Malimbu ini Anda bisa menyaksikan keindahan alam yang mempesona, Anda pun bisa menyaksikan pesona 3 Gili Lombok dari kejauhan.

  • Pura Batu Bolong

Lokasi pura ini dekat dengan senggigi. Disini Anda juga bisa menikmati keindahan pantai senggigi yang mempesona.

  • Pura Lingsar
Wisata Pura Lingsar Lombok

Wisata Pura Lingsar Lombok

Pura Lingsar ini terkenal sebagai cerminan kerukunan umat beragama, yaitu agama hindu dan islam watu telu. Anda bisa melihat dan menikmati suasana sekitar pura yang asri, di tambah dengan adanya kolam kembar yang menemani perjalanan Anda menuju pura.

  • Pura Meru

Pura Meru ini didirikan pada tahun 1720, sehingga tempat ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Pura ini memiliki arsitektur pura yang unik, dengan atap yang meningkat penuh dengan nilai sejarahnya.

  • Pura Gunung Pengsong

Gunung Pengsong ini merupakan sebuah bukit batu hitam dengan pepohonan yang rindang. Yang emmiliki ketinggian sekitar 200 meter diatas permukaan laut. Disini Anda juga bisa melihat dan menikmati panorama alam serta keindahan kota mataram Lombok Barat di berabagai arah.

  • Masjid Kuno Karang Bayan

Masjid kuno karang bayan ini adalah salah satu bukti peninggalan sejarah islam yang unik dan khas tradisional suku sasak Lombok. Disini Anda bisa merasakan kehidupan masyarakat sekitar yang masih sangat tradisional.

  • Gili Nanggu
Wisata Gili Nanggu Lombok

Wisata Gili Nanggu Lombok

Gili Nanggu menawarkan keindahan alam yang asri dan juga suasana pulau pribadi. Dengan hamparan pasir putih halusnya mampu membuat Anda terpesona. Selain itu disini Anda juga bisa merasakan sensasi taman bawah lautnya yang menakjubkan. Dengan ikan-ikan berwarna warni dan terumbu karangnya yang masih terjaga keasliannya.

  • Gili Sudak

Gili sudak ini menawarkan keindahan pantai dan taman bawah laut yang sangat tenang dan menakjubkan. Anda bisa bersantai menikmati panorama alam dan suasana yang hening serta tenang disini.

  • Gili Tangkong

Gili ini paling jarang dikunjungi oleh wisatawan, gili ini juga tidak berpenghuni. Keindahan gili Tangkong masih sangat alami dan bersih, Anda bisa menikmati suasana dan pemandangan alamnya yang eksotis.

  • Gili Kedis
Wisata Ke Gili Kedis

Wisata Ke Gili Kedis

Gili kedis menyuguhkan suasana yang berbeda untuk Anda. Ketika Anda berkunjung ke wisata ini, Anda merasakan berada di pulau pribadi. Anda bisa mengelilingi gili ini dengan berjalan kaki sembari menikmati suasana alam sekitar yang sangat indah.

  • Gili Asahan

Gili Asahan terkenal dengan pesona taman bawah lautnya yang super menakjubkan. Dengan terumbu karang dan beragam jenis ikan yang ada membuat Anda tertarik untuk terus mengintip keindahan taman bawah lautnya.

  • Gili Gede

Di Gili Gede ini Anda bisa menyaksikan keindahan pantai yang mempesona, disini Anda juga merasakan dan melihat taman bawah laut yang menawan yang membuat mata Anda bersinar.

  • Gili Layar

Gili Layar menawarkan keindahan alam yang menawan, dengan hamparan pasir putih di sepanjang pantainya yang siap memanjakan kaki Anda. Anda juga bisa menghabiskan waktu liburan Anda disini dengan snorkeling melihat terumbu karang yang sangat mempesona.

22 Tempat Wisata di Lombok Tengah Yang Menawan

22 Tempat wisata di Lombok tengah ini siap membuat Anda terkagum, dan segera ingin mengunjunginya. Berikut adalah tempat wisata di Lombok Tengah yang menawarkan keindahan alam yang menawan dan luar biasa.

  • Pantai Kuta Lombok
Tempat wisata di Lombok

Pantai kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok menawarkan keindahan pantai yang sangat mempesona dan unik, keunikan pantai ini ada pada bentuk pasirnya yang seperti butiran merica. Anda bisa menyaksikan keindahan pantai Lombok yang menawan.

  • Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak

Pantai ini memiliki keindahan pantai yang asri dan eksotis. Dengan garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit yang membuat wisata ini semakin menarik. Anda bisa menikmati keindahan alamnya disini dengan duduk bersantai dipinggir pantainya, sembari mengabadikan moment seru bersama keluarga dan juga kerabat Anda.

  • Pantai Seger
Wisata Ibu Sri dan Sahabat di Pantai Seger Lombok

Pantai Seger Lombok

Pantai seger adalah salah satu tempat wisata yang favorite di Lombok tengah. Yang memiliki keindahan alam yang unik dan sangat mempesona. Dengan gugusan bukitnya yang memiliki beragam bentuk, serta pantai pasir putihnya yang menawan.

  • Pantai Mawun
Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun Lombok

Pantai ini menyuguhkan pesona pantai yang indah, dengan bukit yang berada di timur dan barat serta hamparan pasir putih lebut dan bersih yang membuat Anda nyaman dan ingin berlama-lama di objek wisata ini.

  • Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, disini juga terdapat sebuah bukit yang bisa Anda daki dan menikmati pesona alam dari atas ketinggian.

  • Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung terletak di Lombok Tengah. Yang unik dari pantai ini adalah tepi pantainya yang penuh dengan bebatuan serta karang besar yang bentuknya mirip dengan payung sesuai namanya. Disini pengunjung bisa menikmati sensasi berjalan diatas bebatuan.

  • Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk berlokasi di Lombok Tengah. Selain menjadi tempat terhamparnya pasir putih, ini merupakan tempat favorit para wisatawan untuk berselancar menantang ombak. Hal ini karena intensitas gelombang ombak di pantai ini cukup besar.

  • Pantai Mawi

Pantai Mawi terkenal dengan ombaknya yang menjadi favorit para wisatawan yang senang berselancar. Airnya yang berwarna biru serta lokasinya yang ada dibalik bukit menjadi daya tarik bagi pantai yang berada di Lombok Tengah ini.

  • Pantai Semeti

Pantai Semeti adalah pantai di Lombok yang memiliki suasana tenang. Wisatawan disini bisa menikmati keindahan pasir pantainya juga mengintip akuarium alam diperairannya dengan bersnorkeling. Ada juga bebatuan dan tebing yang turut menambah keindahan pantai ini.

  • Pantai Tlawas

Pantai Tlawas berlokasi tidak jauh dari Pantai Semeti, Lombok Tengah. Suasana hening disini menjadi incaran wisatawan yang ingin berlibur dengan lebih privat. Ada keunikan lain berupa bebatuan kryptonite yang menjadi pesonanya.

  • Bukit Tunak

Bukit Tunak berada di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Ini merupakan spot seru untuk mengambil foto yang keren dengan view laut lepas serta batuan karang yang menonjol dari laut. Ada juga mercusuar yang bisa dinaiki.

  • Bukit Merese

Bukit Merese berada di Lombok Tengah. Ia terkenal dengan viewnya yang menakjubkan. Pemandangan pantai lepas serta terumbu karang dari ketinggian menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Ini sering dijadikan lokasi untuk berfoto.

  • Desa Sade
Desa Sade Lombok

Desa Sade Lombok

Desa Sade merupakan desa wisata di Lombok yang juga menjadi tempat tinggal suku Sasak. Disini kehidupan masyarakatnya masih sangat tradisional. Bangunan rumah didesa ini juga masih tradisional dengan anyaman bambu.

  • Desa Sukarare
Belajar membuat kain tenun khas Lombok di Desa Sukarare

Belajar membuat kain tenun khas Lombok di Desa Sukarare

Desa Sukarare merupakan desa tempat wisata di Lombok dan merupakan sentra pengrajin kain tenun atau yang lebih dikenal dengan nama kain Songket. Disini wisatawan bisa belajar menenun dari perempuan suku Sasak yang terampil.

  • Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel berlokasi di Lombok Tengah. Air disini bentuknya mirip benang yang diikat menyatu sehingga diberi nama Benang Stokel. Warga setempat percaya bahwa air disini bisa mengatasi berbagai permasalahan rambut.

  • Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu berada dikawasan gunung Rinjani. Yang menarik adalah air terjun ini keluar dari celah-celah tebing. Terjunan airnya mirip kelambu, sesuai namanya. Ia memiliki 3 tingkatan terjunan yang indah.

  • Bendungan Pengga

Bendungan Pengga selain digunakan untuk saluran irigasi juga menjadi destinasi wisata buatan manusia yang ada di Lombok. Disini wisatawan bisa menikmati panorama alam sekitar sambil memancing ikan ikan yang sengaja dibudidayakan warga.

  • Bendungan Batujai

Bendungan Batujai berada di Lombok Tengah. Selain untuk irigasi, bendungan ini menjadi objek wisata yang menarik. Disini wisatawan bisa memancing ikan sambil menikmati panorama alam yang mengelilingi bendungan dengan indahnya.

  • Tanjung Bongo

Tanjung Bongo merupakan pantai yang berada dibalik bukit. Pantainya hening dan memiliki hamparan pasir putih yang indah. Suasana damai dengan panorama pantai yang masih jarang dijamah wisatawan membuatnya semakin mempesona.

  • Gua Bengkang

Gua Bengkang berlokasi di kecamatan Pujut, Lombok. Ini merupakan Tempat wisata di Lombok yang menghadirkan gua yang mengandung endapan fosfat yang berasal dari kelelawar. Ini menawarkan wisata berbeda bagi para wisatawan.

  • pemandian aik bukak

Pemandian Air Bukak merupakan salah satu objek wisata pemandian tertua yang ada di Lombok Tengah. Kolam pemandian dikelilingi panorama hutan yang sejuk. Ada beberapa tempat mandi yang bisa dipilih wisatawan untuk menyegarkan badan.

21 Tempat Wisata di Lombok Utara Yang Menakjubkan

Pesona menakjubkan Anda temui di tempat wisata Lombok utara ini, dengan berbagai objek wisata yang unik dan indah disetiap masing-masing wisatanya.

  • Gili Trawangan
Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan merupakan satu dari tiga gili utama di Pulau Lombok. Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan mulai dari bersnorkeling dipantai, sampai mengelilingi pulau dengan kendaraan ramah lingkungan bernama Cidomo.

  • Gili Meno
Wisata Pantai Gili Meno Lombok

Wisata Pantai Gili Meno Lombok

Gili Meno berada diantara Gili Trawangan dan Air. Suasana disini lebih tenang. Nuansa tropis dengan beragan pepohonan bakau menghiasi sekitar gili. Hamparan pantainya yang indah membuatnya jadi incaran para wisatawan.

  • Gili Air
Keindahan Taman Bawah Laut Gili Air Lombok

Keindahan Taman Bawah Laut Gili Air Lombok

Gili Air berlokasi paling dekat dengan Pulau Lombok. Disini tersedia fasilitas lengkap untuk kebutuhan wisatawan. Pohon-pohon bakau juga menghiasi sekitar pantai di gili ini. Legiatan snorkeling juga aman untuk dilakukan digili ini.

  • Air Terjun Sekeper

Air Terjun Sekeper berada di Lombok Utara. Ia merupakan air terjun tertinggi di Lombok dengan ketinggian sekitar 113 meter. Rute yang menantang menjadi daya tarik bagi wisatawan yang suka dengan petualangan.

  • Air Terjun Sendang Gile
Wisata Air Terjun Sendang Gila

Wisata Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gile berada di desa Senaru. Ia tepat berada di kaku gunung Rinjani. Akses menuju air terjun ini tidak sulit. Ia memiliki tinggi lebih dari 30 meter. Menurut warga setempat, air disini bisa membuat awet muda.

  • Air Terjun Tiu Kelep
Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Air Terjun Tiu Kelep berlokasi dikawasan kaki gunung Rinjani. Ia disebut sebagai surga tersembunyi karena lokasinya yang memang cukup tersembunyi. Ia memiliki ketinggian lebih dari 40 meter. Wisatawan bisa mandi ataupun berendam disini.

  • Air Terjun Panggung

Air Terjun Panggung berada dikawasan Lombok Utara. Ia memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Aliran airnya berasal dari Gunung Rinjani. Bebatuannya diatas air terjun memcah aliran airnya sehingga membentuk dua buah air terjun berbentuk panggung.

  • Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus terletak di Lombok Utara. Memiliki ketinggian 50 meter, disekitar air terjun ini dipenuhi dengan pemandangan hijau yang asri. Lokasinya jarang diketahui wisatawan sehingga pas untuk bersantai dengan tenang disini.

  • Air Terjun Penimbung Torean

Air Terjun Penimbung Torean memiliki keunikan berupa ketinggian airnya yang mencapai 100 meter dan berada di ketinggian 1.200 mdpl. Ia masuk dalam kawasan gunung Rinjani dan menjadi destinasi para petualang.

  • Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja berada di Lombok Utara dan memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Ia memiliki dua mata air terjun yang meluncur dari atas tebing secara berdampingan. Disini juga bisa ditemukan pelangi yang indah.

  • Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga berada di Lombok Utara. Ada dua air terjun yang bisa dinikmati kesegaran air dan kesejukan alamnya di air terjun ini. Bahkan pemandangan gili Lombok bisa nampak dari air terjun Kerta Gangga.

  • Pantai Nipah

Pantai Nipah ada di Lombok Utara. Air lautnya sangatlah jernih, cocok untuk wisatawan penggemar snorkeling. Disini juga sering dijadikan spot fotografi karena ia memiliki landscape yang dramatis untuk diabadikan dengan kamera.

  • Pantai Sire

Pantai Sire berlokasi di Lombok Utara. Suasana pantai yang asri dan terjaga dengan baik tercermin dari pasir pantainya yang putih bersih, airnya yang jernih, serta terumbu karang yang sehat. Sehingga berenang, snorkeling dan diving menjadi kegiatan seru disini.

  • Pantai Pandanan

Pantai Pandanan berada dikawasan Lombok Utara. Ia memiliki panorama cantik terlebih karena asa perbukitan dibelakangnya. Ia juga dipenuhi hamparan pasir putih ditepi pantainya, membuat wisatawan betah liburan disini. Disini juga wisatawan bisa mencicipi masakan khas laut yang lezat.

  • Tiu Ngumbak

Tiu Ngumbak berlokasi di Lombok Utara. Ia masih jarang dikunjungi wisatawan sehingga keindahan dan keasriannya masih sangat terjaga. Pemandangan sepanjang jalan menuju air terjun ini sangat indah ditambah air terjunnya yang segar dan jernih.

  • Desa Senaru

Desa Senaru merupakan salah satu desa tempat wisata di Lombok. Ia menjadi salah satu spot untuk para pendaki gunung Rinjani. Keindahan disini sangat terlihat dari pemandangannya yang masih asri serta penduduknya yang menganut hidup tradisional.

  • Masjid Bayan Beleq

Masjid Bayan Beleq merupakan masjid tertua di Lombok karena ia telah dibangun sejak abad ke-17. Ia juga menjadi simbol awal mula masuknya Islam ke Pulau Lombok. Arstektur mesjid ini sangat unik dan tradisional.

  • Gunung Rinjani
Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani Lombok

Gunung Rinjani merupakan gunung merapi tertinggi kedua di Indonesia. Ia memiliki keunikan dengan ragam flora dan fauna yang berbeda disetiap ketinggian 1000 meternya. Disini adalah lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise.

  • Danau Segara Anak
Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak berada dikawasan gunung Rinjani tepatnya diketinggian 2010 meter. Jernihnya air dengan warna kebiruan membuat danau kawah ini terlihat makin cantik. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan wisatawan juga bisa memancing disini.

  • Hutan Pusuk
wisata hutan pusuk lombok

wisata hutan pusuk lombok

Hutan Pusuk adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang sekaligus menjadi habitat para monyet. Wisatawan bisa memberi makan pada monyet-monyet yang sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Disini juga banyak pepohonan besar dan tinggi yang indah.

  • Masjid Kuno Bayan

Mesjid Kuno Bayan berlokasi dikawasan Lombok Utara. Ia memiliki ukuran sekitar 9×9 meter. Dindingnya masih terbuat dari anyaman bambu dengan lantai tanah. Ia merupakan mesjid tertua di Pulau Lombok dan sudah dibangun sejak abad ke 17.

26 Tempat Wisata di Lombok Timur Yang Menarik

  • Pantai Pink Lombok
pantai pink di lombok

pantai pink di lombok

Pantai Pink Lombok merupakan salah satu keajaiban alam yang menakjubkan dengan warna pasir pantainya yang berwarna pink. Ini merupakan satu dari tujuh pantai pink yang ada didunia. Pantai ini sering menjadi destinasi untuk berbulan madu.

  • Pantai Tanjung Cina

Pantai Tanjung Cina berada dikawasan Lombok Timur. Disini wisatawan bisa menikmati pemandangan dari atas tanjung. Dengan ditemani angin semilir nan sejuk. Sunset adalah momen lain yang diincar para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

  • Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan menawarkan suasana yang alami. Karena ia cukup terpencil, tidak banyak wisatawan yang datang kesini. Ini adalah lokasi yang tepat untuk berlibur dengan damai. Pantai ini memiliki garis pantai yang memanjang sejauh 2 kilometer.

  • Pantai Surga

Pantai Surga berada di Lombok Timur dengan pantainya yang membentang sekitar 600 meter. Uniknya, ia diapit dua tebing membentuk huruf U. Kegiatan seru mulai dari berenang, snorkeling, sampai memancing seru untuk dilakukan dipantai ini.

  • Pantai Labuan Haji

Pantai Labuan Haji berada di Lombok Timur. Memiliki garis pantai yang indah, banyak wisatawan yang menunggu momen sunset untuk muncul di pantai ini. Gradasi garis pantainya saat senja terlihat sangat menakjubkan.

  • Pantai Antak-antak

Pantai Antak-antak bukan hanya pantai biasa yang menghiasi Lombok. Ia memiliki keunikan karena ada kolam renang asin. Pantai ini berada dikawasan Jerowaru. Suasana sekitar pantai cenderung sepi, cocok untuk liburan yang lebih privat.

  • Air Terjun Umar Maya

Air Terjun Umar Maya berlokasi di kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Terjunan airnya tidak tinggi hanya sekitar 6 meter. Namun pesonanya tidak kalah dengan air terjun lainnya karena ia memiliki telaga yang luas layaknya kolam. Airnya pun berwarna putih kehijauan mengandung belerang.

  • Air Terjun Madu

Air Terjun Madu memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Memiliki kandungan sulfur, warna air cenderung putih kehijauan. Wisatawan bisa berendam ditelaga yang ada dibawah air terjun. Tebing-tebing menghiasi sekitar air terjun dan menambah keindahannya.

  • Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti berada dikawasan Lombok Timur dan tepat dikaki gunung Rinjani. Uniknya air terjun ini diapit diantara bebatuan dan membentuk sebuah wajah. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, wisatawan bisa dengan bebas berenang atau berendam.

  • Air Terjun Mangku Kodek

Air Terjun Mangku Kodek berlokasi disekitar Lombok Timur. Ia memiliki ketinggian sekitar 3 meter saja. Pemandangan bukit serta tebing-tebing yang mengitari air terjun menambah pesonanya. Wisatawan bisa berendam di bawah air terjun yang airnya segar ini.

  • Air Terjun Kuda Semberani

Air Terjun Kuda Sembrani berada dikawasan kaki gunung Rinjani. Air terjun ini tidaklah tinggi namun aliran air terjun ke sungai terlihat sangat indah. Apalagi pemandangan sekitar yang sangat hijau dengan banyaknya pepohonan dan tanaman khas hutan gunung Rinjani.

  • Air Terjun Jeruk Manis

Dikaki gunung Rinjani terdapat banyak air terjun, salah satunya Air Terjun Jeruk Manis. Memiliki ketinggian 30 meter, suasana sekitar air terjun sangat sejuk dan asri dengan adanya beragam jenis tanaman dan pohon. Disini wisatawan bisa berenang dengan bebas.

  • Air Terjun Kokoq Puteq

Sungai Kokoq Puteq merupakan aliran sungai yang berasal langsung dari Danau Segara Anak yang ada di gunung Rinjani. Aliran sungai ini membentuk banyak air terjun disekitarnya dengan keunikan tersendiri karena air terjun tersebut mengandung belerang.

  • Air Terjun Mayung Puteq

Air Terjun Mayung Puteq berada dikawasan Lombok Timur. Ia memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan airnya mengandung belerang sehingga bisa dijadikan sebagai terapi untuk penyembuhan masalah kulit. Wisatawan bisa berendam dibawah aliran air terjunnya.

  • Tanjung Ringgit
Tanjung Ringgit Lombok Timur

Tanjung Ringgit Lombok Timur

Berada di Lombok Timur, Tanjung Ringgit menyuguhkan panorama yang tidak biasa. Ada banyak tebing kars yang berderet disekitar pantai sehingga menambah pesonanya. Disini wisatawan bisa dengan bebas menikmati suasana pantai yang tenang.

  • Tanjung Bloam

Tanjung Bloam adalah pantai yang juga merupakan tempat konservasi penyu di Pulau Lombok. Hamparan pasir putih serta air laut yang jenih menjadi pemandangan yang indah. Tanjung ini diapit oleh dua tebing yang membuat pemandangannya makin eksotis.

  • Bukit Nanggi

Bukit Nanggi berada di Lombok Timur dan sekat dengan gunung Rinjani. Dari atas bukit ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah seperti pulau Sumbawa. Disini adalah tempat yang seru untuk berburu moment sunset dari ketinggian.

  • Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan berlokasi dekat dengan gunung Rinjani. Maka dari atas bukit ini, wisatawan bisa menyaksikan kokohnya gunung Rinjani. Jika ingin menikmati pesonan sunset di Pulau Lombok dari kejauhan, maka disini adalah tempat yang tepat.

  • Gili Petelu

Gili Petelu berada dikawasan Lombok Timur. Disini ada tiga gugusan bukit kecil sehingga namanya Gili ‘Petelu’. Pasir pantai di gili ini berwarna pink sehingga membuat kecantikannya lebih unik. Ini lokasi yang tepat untuk pasangan yang ingin berbulan madu.

  • Gili Kondo

Gili Kondo adalah salah satu pulau kecil di Lombok yang tidak berpenghuni. Ini adalah gili yang menjadi tempat konservasi pemeliharaan terumbu karang. Pasir putih, air yang jernih dan pemandangan sekitar yang indah membuat gili ini sayang untuk tidak dikunjungi.

  • Gili Sulat

Gili Sulat memiliki keunikan berupa adanya hutan Mangrove disekitarnya. Disini juga menjadi habitat berbagai jenis burung. Disini adalah lokasi yang tepat untuk berlibur secara privat dan tenang karena masih jarang terjamah wisatawan.

  • Gili Bidara

Gili Bidara adalah spot favorit para wisatawan untuk melakukan berbagai aktifitas air seperti berenang dan snorkeling. Bahkan tidak sedikit yang suka diving disini. Dari gili ini pula, wisatawan dapat melihat pesona gunung Rinjani.

  • Gili Lawang

Gili Lawang memiliki panjang sekitar 3,5 km dan berlokasi di Lombok Timur. Disini tidak terlalu ramai pengunjung sehingga suasananya tenang. Ada juga hutan bakau digili ini yang bisa dinikmati keindahan panoramanya oleh para wisatawan.

  • Pulau Pasir

Wisata pulau pasir lombok

Pulau Pasir merupakan bentukan daratan yang terbentuk dari pasir dan menjorok pada suatu perairan. Bentuknya bisa memanjang dan menjadi penghalang pantai. Ada beberapa pulau pasir di Lombok seperti Gili Gosong dan Gili Kapak yang bisa dinikmati pesonanya.

  • Sembalun

Sembalun merupakan salah satu jalur pendakian ke gunung Rinjani. Ia merupakan kecamatan yang memiliki banyak spot menarik untuk dikunjungi seperti beberapa desa wisata, bukit Pergasinga, dan spot menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

  • Desa Tete Batu

Desa Tete Batu berlokasi sekitar 2 km dari gunung Rinjani. Disini wisatawan bisa menikmati atraksi budaya. Pemandangan alamnyapun masih sangat terjaga dengan baik. Warga setempat merupakan pengrajin terakota hitam dan keranjang.

Berikut 99 Tempat wisata di lombok yang harus Anda ketahui, pilih dan kunjungi segera objek wisata Lombok diatas yang menjadi favorite anda. Rasakan sensasi wisatanya bersama kami di Lombok.