4 Rinjani Trek Pendakian, Pilih yang Mana?

4 Rinjani Trek Pendakian, Pilih yang Mana?

Gunung Rinjani Trek merupakan gunung yang masuk pada Taman Nasional yang secara wilayah terletak di tiga Kabupaten yakni Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Tengah. Selama ini Gunung Rinjani menjadi salah satu gunung favorit yang didaki oleh banyak pendaki dari banyak daerah bahkan ada juga yang dari luar negeri. Tak heran memang, itu karena Rinjani memiliki keindahan alam yang cukup menakjubkan sehingga siapa saja tertarik untuk bisa sampai ke puncak gunung. Selain itu, rinjani trek juga cukup seru untuk dijajal dan setidaknya ada empat trek resmi yang biasa dipilih oleh para pendaki. Keempat trek tersebut adalah jalur senaru, jalur sembalun, jalur torean dan jalur bukit Penyesalan. Mari kita bahas satu per satu!

Rinjani Trek
Rinjani Trek

Jalur Senaru, Rinjani Trek

Jalur resmi pertama yang sering dipilih adalah jalur Senaru. Ini adalah jalur yang paling banyak dipilih sehingga tidak salah apabila jalur ini memang cukup ramai dibanding dengan jalur pendakian lainnya. Jika Anda ingin mendaki lewat jalur ini, maka sebaiknya Anda naik sewa Mobil di Lombok Tour Plus dari Mataram menuju Senaru yang bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih 4 jam. Setelah sampai di Senaru, baru kemudian Anda mulai trek jalan kaki untuk pendakian dan akan tiba di Danau Segara Anak dalam waktu kurang lebih 9 jam. Setelah sampai disana, Anda harus melanjutkan perjalanan Pelawangan Sembalun sekitar 4 jam. Dari Pelawangan ke puncak gunung kemudian bisa ditempuh lagi selama 3 jam.

Jalur Sembalun, Rinjani Trek

Jalur selanjutnya yang bisa Anda daki adalah melalui rute Sembalun. Ya, rute ini menjadi rute selanjutnya yang bisa Anda tempuh khususnya bagi Anda yang suka jalur trek yang agak sulit. Agar bisa sampai di puncak gunung juga lebih singkat dibanding dengan menggunakan jalur pendakian Senaru. Nah, dari Mataram Anda perlu sewa Mobil di Lombok tour Plus yang menuju ke Sembalun yang kira-kira butuh waktu sekitar 5 jam. Selanjutnya, setelah tiba di Gerbang pnedakian Sembalun, Anda bisa langsung mulai pendakian yaitu sekitar 3 jam ke Danau Segara Anak, sedangkan untuk bisa sampai di puncak biasanya Anda hanya butuh waktu kurang lebih 7 jam.

Jalur Torean, Rinjani Trek

Trek pendakian selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah melalui Desa Torean. Ini bisa jadi rute alternatif lain yang bisa Anda gunakan. Rute ini memang cukup lumayan untuk ditempuh dalam proses pendakian. Sementara itu jalur yang bisa anda tempuh adalah menggunakan Sewa Mobil Lombok Tour Plus dari Mataram ke desa Torean sekitar 5 Jam. Nah, setelah sampai di gerbang pendakian, Anda bisa langsung mulai mendaki dan diperkirakan sampai di Danau Segara Anak sekitar 9 jam menempuh rute jalan kaki.

Jalur Bukit Penyesalan, Rinjani Trek

Trek pendakian selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah melalui bukit Penyesalan. Ini memang bukan jalur resmi melainkan menjadi jalur alternatif yang bisa dipilih. Trek tanjakannya lumayan menantang dan bisa sampai ke puncak gunung dalam waktu yang lumayan lama. Namun meski demikian, Anda di sepanjang perjalanan akan disediakan pemandangan yang cukup menakjubkan seolah berjalan didalam dunia fiksi.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Itulah empat jalur pendakian yang bisa Anda pilih saat akan menjajal trek menuju puncak gunung rinjani. Sebelum Anda pergi kesana, sebaiknya siapkan dari sekarang, jalur mana yang akan Anda pilih nantinya. Pastikan Anda sesuaikan siapa yang akan mendaki dan bagaimana kondisi mereka, sehingga nantinya akan lebih baik jika hal itu disesuaikan dengan rute pendakian yang nanntinya akan Anda pilih sebagai rencana dalam pengajuan rinjani trek.