Mendengar Lombok, tentu anda bisa membayangkan berbagai pantai yang terhampar indah di pulau ini, Lombok terkenal dengan adat Desa Sade. Lombok menyimpan ragam pantai paling unik yang berbeda dari pantai pada umumnya, dan karena itu Lombok sangat terkenal di kalangan para wisatawan domestik dan wisatawan mancanegera, terutama bagi mereka yang senang bermain air. Tapi, tidak hanya pantai yang kenjadi keutamaan Lombok, karena ada banyak tempat lainnya yang merupakan lokasi wisata dan salah satunya adalah Desa Sade Lombok yang menggambarkan panorama indah yang masih asri dan sejuk, serta keadaan desa yang masih sangat tradisional.

Jika anda mencari wilayah yang masih asri lengkap dengan panorama zaman dahulu alias jauh dari modernisasi, maka anda bisa mengunjungi Desa Sade yang terletak di Lombok Tengah di wilayah Pujut. Dengan berkunjung ke desa ini anda bisa merasakan sosialisasi tinggi dan juga keakraban dari setiap masyarakat yang merupakan masyarakat asli Lombok yakni Suku Sasak.

Apa Saja Yang Unik Dari Desa Sade?

Wisata Menyenangkan di Desa Sade, sasak Lombok

Wisata Menyenangkan di Desa Sade

Untuk mengetahuinya, maka anda bisa mengunjungi langsung desa ini. Tapi, sebelum berangkat ke wisata ini, anda juga bisa mengetahuinya lebih dulu. Hal utama yang menjadikan Desa Sade Lombok lebih unik adalah masyarakat setempat yang masih mempertahankan adat istiadat zaman dulu, lebih memilih hidup sederhana dan menyatu dengan alam. Jika anda ingin melihat suku asli Lombok, maka tempat inilah tujuan anda. Keunikan lainnya adalah:

  1. Rumah Bale Desa Sade Lombok

Keunikan lain dari desa ini adalah bangunan rumah yang sangat tradisional. Rumah ini berukuran sederhana dengan beratapkan alang – alang, serta berdinding bambu dan beralaskan tanah. Bangunan seperti inilah yang disebut dengan bale oleh penduduk desa sade lombok. Bahkan, di desa ini bale dikategorikan menjadi delapan bagian yaitu Bale Jajar Sekenam, Bonter, Bale Tani, Beleq, Tajuk, Bencingah dan Berugag.

  1. Islam Wektu Telu

Sebelumnya sebagian besar masyarakat suku Sasak menganut Islam Wektu Telu yakni agama Islam yang hanya melaksanakan tiga waktu shalat. Namun, kini masyarakat telah menganut Islam sepenuhnya dan meninggalkan ajaran tersebut.

  1. Mengepel Lantai Dengan Kotoran Kerbau

Tentu terdengar sangat aneh dan bahkan menjijikkan. Tapi sebetulnya, kotoran kerbau ini digunakan sebagai olesan untuk plester semen, sehingga dengan olesan kotoran kerbau ini maka rumah akan jauh dari nyamuk dan lantai menjadi lebih hangat. Namun, perlu anda tahu bahwa rumah mereka tidak berbau kotoran kerbau, tapi jauh lebih bersih tanpa bau busuk apapun.

  1. Kerajinan Tangan – Kain Tenun Khas Lombok

Keunikan lain dari masyarakat desa sade lombok adalah keterampilan tangannya yang sangat kreatif. Desa Sade memang terkenal sebagai penghasil tenun dengan kualitas terbaik. Anda bisa melihat proses menenun secara langsung dari desa ini, dan bahkan anda bisa membeli beberapa kain tenun sebagai oleh-oleh. Adapun jenis songket Sasak yang sangat khas dan unik yang bisa anda lihat secara langsung di desa wisata ini.

Dengan keunikan tersebut, tentu anda akan penasaran ingin berkunjung ke Desa Sade Lombok ini. Anda tidak akan merasa bosan saat berinteraksi dengan penduduk setempat yang lebih ramah. Di samping itu, anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner Lombok yang khas dari suku Sasak. Bahkan, anda bisa mengunjungi berbagai pantai di sekitar Desa Sade seperti Pantai Kuta Lombok dan Tanjung Aan yang sangat populer di Lombok. Kami bisa membantu anda memberikan layanan untuk liburan anda seperti bus dan mobil, jadi anda bisa lebih mudah mencapai berbagai tempat wisata Lombok lainnya, termasuk Desa Sade Lombok. Anda bisa mengunjungi desa sade bersama Lombok Tour Plus.