3 Alasan Berkunjung ke Pantai Kuta Lombok

3 Alasan Berkunjung ke Pantai Kuta Lombok

Tidak satupun orang menolak jika diajak ke pulau eksotis nan indah bernama Lombok. Salah satu alasan berkunjung kesana adalah untuk menikmati suasana Pantai Kuta Lombok. Meski punya nama mirip dengan pantai terkenal di Pulau Bali, tentu ada keunikan tersendiri yang ditawarkan pantai ini. Sesuai namanya, lokasi berada di Desa Kuta dan masuk dalam Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Selain terkenal dengan keindahan pemandangan laut dan suasana pantai yang ramai dengan pengunjung, Anda bisa menikmati beragam aktifitas menarik seperti berenang, paragliding, dan menyaksikan upacara tradisional bernama Bau Nyale. Bagaimana, tertarik?

Suasana Pantai Kuta Lombok

Wisata Ibu Leony dan sahabat di pantai kuta lombok
Pantai Kuta Lombok

Jika dibandingkan dengan pantai tetangga bernama Tanjung Aan, suasana di Pantai Kuta terasa lebih riuh dengan kehadiran banyak turis lokal maupun mancanegara. Dari sisi pesona pemandangan laut, Anda dapat menikmati hamparan pasir putih lembut bak gula serta air laut jernih dan hangat. Bahkan ikan-ikan sering terlihat dari daratan karena kejernihan pantai disana. Dari kejauhan, nampak sebuah bukit megah bernama Mandalika, yang sering dijadikan sebagai background obyek fotografi bagi wisatawan. Secara keseluruhan, pantai ini cocok bagi mereka yang suka suasana ramai dibandingkan ketenangan. Lalu kegiatan apa saja yang populer disana?

Menikmati Ragam Aktifitas di Pantai Kuta Lombok

Karena memiliki air laut yang menakjubkan, wajar bila aktifitas utama untuk dinikmati di Pantai Kuta adalah olahraga air. Anda bisa menikamti kegiatan berenang dan menikmati hangatnya air laut disana. Selain itu, opsi menyelam dan juga snorkeling terdengar menarik bagi Anda yang memiliki pengalaman seputar kegiatan ini. Tak perlu khawatir seputar peralatan menyelam atau snorkeling karena Anda dapat menyewanya dengan harga terjangkau. Sebagai alternatif, Anda bisa bawa sendiri peralatan tersebut. Bagi pemula, amat disarankan untuk ditemani seorang ahli ketika snorkeling ataupun menyelam. Terlebih jasa tersebut akan memberi beberapa tips berguna bagi Anda. Pilihan olahraga air lain untuk dinikmati adalah banana boat dan jetski! Pastikan untuk bawa uang lebih guna menikmati semua fasilitas tersebut, tentunya.

Alasan kedua berkunjung ke Wisata Lombok yaitu Pantai Kuta Lombok adalah menikmati kegiatan unik bernama paragliding. Meski membutuhkan biaya agak banyak, Anda takkan melupakan pengalaman tersebut. Perlu diperhatikan, ini merupakan kegiatan cukup ekstrim jadi wajib untuk mengikuti semua instruksi yang diberikan oleh pengurus kegiatan tersebut. Jangan lupakan faktor cuaca dan seberapa kencang angina saat hendak melakukan paragliding. Namun biasanya pengawas dan pemandu  akan menentukan apakah cuaca cukup aman bagi wisatawan, jadi tak perlu khawatir.

Alasan lain kenapa semakin banyak turis datang ke Pantai Kuta adalah adanya tradisi unik masyarakat lokal bernama Bau Nyale. Menjadi tradisi asli suku Sasak, masyarakat berkumpul di pantai untuk menemukan Cacing “Nyale”. Menurut cerita lokal, cacing-cacing ini dipercaya membawa kesuburan pada sawah-sawah warga. Wajar bila orang-orang lokal bakal menabur cacing tersebut ke sawah dan berharap hasil panen yang lebih memuaskan kedepannya. Selain itu, warga bakal memasak cacing-cacing tersebut karena dipercaya memberikan efek positif bagi keperkasaan pria. Bagi turis atau wisatawan, festival Bau Nyale bakal memberi kesan tersendiri terutama bagi penggemar fotografi dan budaya. Bahkan Anda punya kesempatan bergabung dengan para warga untuk melakukan aktifitas tersebut.

Ada latar belakang dari festival Bau Nyale di Pantai Kuta. Anda bisa mempelajari cerita tersebut dari orang lokal maupun pemandu tentunya. Dikatakan dulu ada seorang putri cantik bernama Mandalika. Banyak pangeran ingin meminangnya namun dia namun alih-alih memilih salah satu dari mereka, sang putri memilih untuk menceburkan diri ke laut. Tak lama kemudian muncul cacing mistis yang diberi nama Nyale.