2 Air Terjun Dibawah Kaki Gunung Rinjani Lombok yang Mempesona

2 Air Terjun Dibawah Kaki Gunung Rinjani Lombok yang Mempesona

Salah satu destinasi berwisata di Indonesia yang menjadi favorit para pelancong domestik maupun mancanegara ialah daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Lombok memang sangat kaya akan objek wisata, terutama pantai. Keindahan pantai di Lombok bahkan di klaim memiliki pesona yang jauh lebih elok dibandingkan dengan Bali. Tak hanya pantai, ragam wisata lombok alam lainnya juga bisa ditemui, seperti pegunungan, bukit, gili atau pulau, hingga wisata air terjun. Salah satu destinasi wisata air terjun yang paling banyak dikunjungi ialah 2 air terjun dibawah kaki gunung Rinjani Lombok, yakni Air Terjun Sendang Gile, dan Air Terjun Tiu Kelep. Untuk anda yang berniat menghabiskan waktu berlibur di Lombok, 2 air terjun ini tentu menjadi rekomendasi destinasi yang wajib anda kunjungi. Di bawah ini ada beberapa ulasan singkat seputar 2 air terjun dibawah kaki gunung Rinjani Lombok tersebut.

air terjun sendang gile

1. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile, Lombok merupakan salah satu air terjun paling indah di Lombok. Tinggi air terjun ini sendiri mencapai kurang lebih 35 meter. Pesona pada air terjun Sendang Gile sendiri terletak pada keindahan arsitektur alamnya yang menakjubkan. Begitu pula airnya yang jernih dan menyegarkan, membuat banyak pengunjung tergoda untuk berendam di sungai Sendang Gile. Air terjun Sendang Gile merupakan salah satu dari 2 air terjun dibawah kaki gunung Rinjani Lombok. Untuk tiba di lokasi air terjun Sendang Gile ini pengunjung hanya perlu berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit dari jalur tracking gunung Rinjani. Jalan menuju air terjun Sendang Gile ini pun sudah difasilitasi dengan anak tangga kurang lebih sebanyak 500 anak tangga, sehingga akan mempermudah pengunjung untuk bisa tiba di air terjun Sendang Gile. Lokasi air terjun Sendang Gile juga sering dijadikan tempat beristirahat para pendaki Gunung Rinjani.

air terjun sendang gile lombok

Untuk anda yang berkunjung ke air terjun Sendang Gile namun lupa membawa perbekalan makanan, tak perlu khawatir karena di sekitar air terjun Sendang Gile sudah tersedia rumah makan. Sambil bersantai menyantap makanan khas lombok, di rumah makan Senaru yang ada di air terjun Sendang Gile ini, anda juga bisa sembari menikmati keindahan air terjun Sendang Gile yang mengalir deras dari atas ke permukaan sungai. Percikan kecil air terjun yang menyentuh pori-pori kulit anda tentu membuat Anda seakan diajak untuk bersentuhan dengan segarnya air pegunungan di sungai Sendang Gile. Selain itu, yang menjadi daya tarik Sendang Gile yang merupakan salah satu dari 2 air terjun dibawah kaki gunung Rinjani Lombok, ini ialah mitos masyarakat sekitar yang mempercayai bahwa air di air terjun Sendang Gile bisa membuat anda menjadi awet muda. Hal ini tentu menjadi mitos yang sedikit banyak juga dipercaya oleh para pengunjung, sehingga mereka pun sering berkunjung ke air terjun Sendang Gile ini hanya untuk membasuh wajah dengan segarnya air sungai Sendang Gile.

2. Air Terjun Tiu Kelep

Satu lagi objek wisata air terjun yang tidak kalah indahnya dengan air terjun Sendang Gile ialah Air Terjun Tiu Kelep yang juga merupakan bagian dari 2 air terjun dibawah kaki gunung Rinjani Lombok. Untuk anda yang penasaran dengan indahnya air terjun Tiu Kelep ini, medan yang harus dilewati cukup terjal sehingga akan sangat cocok untuk anda yang gemar berwisata ekstrim. Tapi tak usah khawatir, setelah melalui medan yang cukup terjal, anda akan dimanjakan dengan pesona keindahan air terjun Tiu Kelep yang jauh lebih mempesona dari Sendang Gile. Air terjun Tiu Kelep ini posisinya berada setelah air terjun Sendang Gile. Selain itu, air terjun Tiu Kelep juga lebih tinggi dari air terjun sendang gile, dimana tingginya mencapai 45 meter. Tingginya arus air yang meluncur dari atas ke permukaan sungai membuat deburan air lebih besar dan jika anda tidak ingin berbasah-basah, disarankan untuk menggunakan jas hujan atau jaket waterproof karena percikan air terjun Tiu Kelep ini bisa mencapai jarak yang cukup jauh.

perjalanan ke air terjun tiu kelep

Sama halnya dengan air terjun Sendang Gile, air terjun Tiu Kelep juga memiliki mitos unik seputar air yang mengalir di sungai Tiu Kelep. Konon jika pengunjung berenang atau membasuh muka dengan air di sungai tersebut, maka kulitnya akan kencang dan awet muda. Selain itu, mitos dari air terjun Tiu Kelep lainnya ialah nama Tiu Kelep yang konon memiliki arti kolam yang terbang. Keindahan pada air terjun Tiu Kelep, membuat masyarakat merasakan bahwa mereka seakan berada di kolam yang melayang diudara. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata air terjun Tiu Kelep.

air terjun tiu kelep lombok

Itulah tadi sekilas informasi mengenai 2 air terjun dibawah kaki gunung Rinjani Lombok. Objek wisata ini tentu sangat direkomendasikan untuk anda yang tengah menghabiskan waktu liburan di pulau Lombok. Apalagi bagi anda yang berniat untuk hiking ke gunung tertinggi di nusa tenggara barat yakni Gunung Rinjani, tak ada salahnya untuk merebahkan diri sejenak sambil menikmati kesegaran percikan air di objek wisata air terjun Sendang Gile atau air terjun Tiu Kelep. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke Lombok biasanya hanya mengunjungi objek wisata pantai saja. Untuk itu, cobalah objek wisata alam lainnya di Lombok, seperti air terjun dan lain-lain karena pesonanya pun tak kalah cantik dengan panorama pantainya.