Alam Indonesia menyajikan berbagai destinasi wisata yang begitu menakjubkan, terutama wisata di Lombok. Nah, kalau Anda ingin pergi wisata, Pulau Lombok menjadi salah satu daerah wisata yang harus anda kunjungi. Keindahan alam, warisan sejarah, dan budaya pulau ini tidak kalah menakjubkannya dengan Pulau Bali. Bahkan banyak di antara wisatawan yang lebih merekomendasikan Lombok untuk daerah wisata, karena memang panorama yang disuguhkan lebih memikat. Nah, kalau Anda masih bingung harus kemana saja kalau di Lombok. Yuk, simak ulasan tentang 10 tempat wisata di Lombok yang sangat recomended untuk dikunjungi berikut ini.

  1. Pantai Senggigi
pantai senggigi

pantai senggigi

Kalau bicara tentang pantai, Pantai Senggigi layak disebut sebagai juara di Pulau Lombok. Keindahan yang ditawarkan tidak kalah cantik dari pada Pantai Kuta Bali meskipun ukuran pantai yang terletak di barat Lombok ini tidak begitu besar. Anda juga akan mendapati suasana yang tak kalah dari Pantai Kuta, dengan pasir putih, ombak yang tenang, dan tidak begitu besar sangat memungkinkan dan nyaman untuk berenang ataupun snorkeling. Belum lagi pemandangan bawah lautnya yang sangat indah, sudah pasti anda akan betah untuk berlama-lama di pantai yang terletak di bagian barat Pulau Lombok ini.

  1. Pantai Kuta Lombok
pantai kuta lombok

pantai kuta lombok

Siapa bilang Pantai Kuta hanya ada di Bali, Lombok juga punya pantai Kuta di Lombok yang indah dan jauh lebih tenang suasanya karena keasrian alamnya. Pasir pantai ini seperti butiran merica menjadikannya dikenal sebagai pantai merica. Saat mata anda memandang jauh ke pantai, anda akan mendapati indahnya gradasi warna air laut di sini, ditambah dengan indahnya bukit. Kalau Anda suka surfing, pantai sangat direkomendasikan karena ombaknya cukup besar. Tepian pantai ini juga sangat nyaman untuk berenang.

  1. Pantai Sire
wisata di lombok

pantai sire

Kalau Anda belum puas dengan dua pantai di atas, masih ada pantai lainnya yang tak kalah indahnya yaitu Pantai Sire yang terletak di bagian utara Lombok, sekitar 35 km dari pusat kota. Sama seperti pantai di Lombok pada umumnya, pantai ini juga memiliki pasir putih  yang lembut dan indah serta air laut yang masih sangat jernih. Pantai ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran karena situasinya yang tenang dan belum banyak dijamah wisatawan. Kalau Anda beruntung dengan keadaan cuaca yang bagus Anda bisa mengamati Gunung Rinjani dari pantai ini.

  1. Pulau Gili
gili trawangan

gili trawangan

Gili yang merupakan pulau-pulau kecil di sebelah barat pulau Lombok yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan, apalagi pemandangan bawah lautnya. Tiga Gili yang sangat terkenal di kalangan wisatawan adalah Gili Air, Gili Meno, dan yang paling terkenal Gili Trawangan. Kondisi alam pulau-pulau kecil ini masih sangat alami karena pengunjung tidak diperkenankan mengelilingi pulau dengan kendaraaan bermotor, melainkan dengan sepeda. Jangan khawatir, karena di sini banyak yang menyewakan sepeda. Ketenangan Gili juga menjadikannya sangat cocok untuk melakukan yoga.

  1. Gunung Rinjani
puncak gunung rinjani

puncak gunung rinjani

Nah, kalau destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang suka melakukan pendakian. Gunung Rinjani sudah sangat terkenal di kalangan pendaki, selain keindahan alamnya yang banyak disebut terindah di kawasan Asia, ketinggian gunung yang mencapai 3.700 mdpl ini juga menjadi salah satu daya tarik karena mereka merasa tertantang. Gunung berapi tertinggi nomer dua di Indonesia ini juga memiliki makna spiritual, di mana para penganut agama Hindu percaya para Dewa bersemayam di gunung ini.

  1. Segara Anak
danau segara anak

danau segara anak

Gunung Rinjani masih memiliki keindahan yang tiada hentinya, kali ini dengan Danau Segara Anak yang ada di kawahnya. Warna air danaunya yang biru, persis dengan warna air laut menjadikan danau ini dipercaya masih bagian laut, namun terpecah. Kalau Anda ingin menikmati keindahan danau ini sambil bermalam di sekitarnya, dan melakukan banyak aktivitas seperti memancing biasanya Anda harus bergabung dengan agen perjalanan saat melakukan pendakian.

  1. Hutan Monyet Pusuk
hutan baun pusuk

hutan baun pusuk

Hijaunya hutan, dan asrinya suasana di tempat ini membuat anda betah untuk menyusuri semua jalanan di sini. Tentu saja anda harus menggunakan kendaraan untuk mengelilinginya karena di sini ada ratusan monyet yang berkeliaran dengan bebas, bahkan kadang ada yang di tengah jalan. Hati-hati juga kalau Anda membawa makanan, para monyet ini akan sangat cekatan untuk merebutnya.

 

  1. Air Terjun Sendang Gile
air terjun sendang gile

air terjun sendang gile

Selain keindahan pantainya, Pulau Lombok juga memiliki air terjun yang sangat indah. air terjun Sendang Gile yang berjarak 60 km ke utara dari pusat kota Mataram. Air terjun dengan tinggi sekitar 32 meter ini bukan hanya satu, melainkan ada dua bagian di mana air terjun utama atau yang paling tinggi airnya keluar sejalur sedangkan air terjun di bawahnya keluar dari banyak jalur. Bukan hanya keindahan alamnya yang masih asri, air dari air terjun ini juga sangat segar dan dipercaya jika Anda mandi dengan air di air terjun ini Anda akan tampak lebih muda setahun dari umur Anda.

  1. Taman Narmada
taman narmada

taman narmada

Taman Narmada merupakan salah satu situs peninggalan sejarah Kerajaan Mataram. Letaknya tidak terlalu jauh dari kota Mataram hanya sekitar 10 km ke arah timur. Uniknya, desain dari taman ini mengambil konsep Gunung Rinjani. Jadi, saat anda datang ke taman ini, anda akan disuguhi Gunung Rinjani versi replikanya. Tepat di tengah taman juga terdapat kolam dan beberapa pancuran air yang airnya bersumber dari mata air Gunung Rinjani. Mitos yang berkembang di masyarakat, air tersebut bisa membuat orang menjadi awet muda jika ia minum ataupun membasuh mukanya dengan air tersebut.

  1. Pura Batu Bolong
pura batu bolong

pura batu bolong

Tempat wisata terakhir yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di Lombok adalah Pura Batu Bolong. Pura ini unik, berbeda, dan sangat indah karena letaknya ada di atas lautan, tepatnya di atas batu karang yang warnanya hitam. Pura ini dinamakan Batu Bolong karena batu karang ini memiliki lubang tepat di bagian tengahnya. Pemandangan yang disuguhkan sangat indah, di mana saat Anda berada di atasnya Anda bisa melihat Selat Lombok dan Indahnya Gunung Agung Bali.

Nah, itu dia 10 tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi ketika datang ke Lombok. Nggak usah khawatir masalah penginapan, transport, dan fasilitas lainnya karena sama halnya dengan Pulau Bali, Pulau Lombok juga menyediakan fasilitas wisata lombok yang sangat memadai untuk memanjakan pengunjungnya. Kalau Anda tidak ingin ribet dan pusing, Anda bisa memakai jasa biro perjalanan wisata yang banyak tersedia sekarang. Tunggu apalagi? Punya waktu luang? Punya dana yang cukup? Pingin wisata yang tak terlupakan? Pingin bulan madu? Lombok akan memberikan apa yang anda inginkan. Ayo Wisata ke Lombok sekarang juga.